Header Ads

Atasi Korban Gempa Lombok, TNI Turunkan Ahli Spine Tangani Korban Patah Tulang Leher


INDEPENDENT | TNI turunkan ahli spine dalam hal ini, Kolonel Ckm A.J. Didi SpOT (K) Spine, Kolonel Ckm Edli Warman Sp.OT (K) Spine. dan dr. Drakel, Sp.OT melakukan pemeriksaan terhadap bpk. Sodok pasien yang menderita patah tulang leher (fraktur cervical 2-3) dikarenakan tertimpa reruntuhan rumah pada saat gempa 7 SR di Dusun Lenek Desa Bentek Kec. Gangga, bertempat di Rumkitlap TNI, Kec. Tanjung, Lombok Utara, Sabtu (11/8/2018).

Hasil pemeriksaan Kolonel Ckm A.J. Didi SpOT (K) Spine mengatakan bahwa pasien harus segera diberikan tindakan medis lebih lanjut, karena cedera tersebut bisa berdampak terhadap kelumpuhan total.

“Untuk kondisi pasien saat ini dalam keadaan normal. Tindakan medis lanjutan akan dilakukan di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) Mataram yang memiliki alat khusus untuk operasi tulang belakang,” tuturnya.

Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) TNI yang dipimpin Danyonkes 2 Kostrad Letkol Ckm dr. Shohibul Hilmi, Sp.OT menyampaikan bahwa rencana evakuasi akan dilakukan esok hari. “Kita sudah menyiapkan semuanya untuk evakuasi, namun menyesuaikan dengan jadwal operasi yang ada di RSAD Mataram,” jelasnya.

2 (dua) orang dokter Ahli Spine ini diturunkan langsung dari Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad) guna membantu pasien patah tulang belakang yang merupakan korban gempa lombok. (Hadi/ Puspen TNI).



Tidak ada komentar

KOMENTAR PEMBACA:

Pembaca SUARA INDEPENDENT dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.