Header Ads

Hence Mandagi: Mekanisme UKW Bagi Wartawan tidak Profesional


INDEPENDENT | Ketua Umum DPP SPRI Hence Mandagi mengatakan selama ini pihaknya mengkritik kebijakan Dewan Pers terkait UKW dan SK Lembaga Penguji Kompetensi adalah bertujuan untuk mengoreksi pelaksanaan standar kompetensi wartawan yang keliru dilakukan oleh Dewan Pers.

"Kami tidak ada niat menentang peningkatan profesionalisme pers lewat UKW, tapi mekanisme UKW tersebut yang menurut SPRI justru tidak profesional dan asal-asalan," ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, hari ini.

Menurut Hence, kalau lewat BNSP maka tahapan penyusunan modul untuk UKW pasti lebih terukur dan berkualitas sesuai standar kompetensi masing-masing bidang dalam tugas jurnalistik.

"Kalau lewat BNSP maka ada aksesornya yang menyusunnya, lewat proses yang cukup panjang sehingga hasilnya benar-benar mantap dan profesional," pungkasnya.

Sedangkan menyangkut verifikasi media yang SPRI kritisi adalah pelaksanaannya, seharusnya dilakukan oleh organisasi pers bukan oleh Dewan Pers langsung.

"Itu bertentangan dengan peraturan Dewan Pers sendiri," imbuhnya. (R-007)


Tidak ada komentar

KOMENTAR PEMBACA:

Pembaca SUARA INDEPENDENT dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.