Header Ads

LSI: Ketokohan Prabowo Dongkrak Perolehan Suara Pasangan Asyik


INDEPENDENT | Direktur LSI Network, Adjie Alfaraby menilai, ketokohan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memengaruhi perolehan suara pasangan Sudrajat/Ahmad Syaikhu (Asyik) pada Pilgub Jawa Barat.

"Pengaruh Prabowo terhadap suara pasangan Asyik membuat lompatannya jauh antara hasil survei terakhir dan perolehan hasil hitung cepat," kata Adjie di Kantor LSI Network di Jakarta, Rabu (27/6/2018).

Adjie mengatakan, strategi pasangan Asyik berhasil untuk menarik asosiasi bahwa mereka didukung Prabowo sehingga berharap ada tambahan elektoral dari pengaruh Ketum Partai Gerindra tersebut.

Menurutnya, berdasarkan survei, pendukung Prabowo loyal terhadap siapa yang didukung Prabowo sehingga pasangan Asyik terus mencoba menegaskan kedekatannya dengan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra tersebut.

"Di debat Pilkada Jabar mereka memunculkan kaus dengan hastag 2019gantipresiden. Di ruang publik pun banyak selebaran yang mereka coba kuatkan bahwa calon yang didukung Prabowo adalah Asyik," katanya seperti dilansirkan Antaranews.

Adjie menilai, hal serupa juga terjadi di beberapa daerah yang melaksanakan pilkada seperti di Jawa Tengah. Pasangan Sudirman Said/Ida Fauziah yang mampu memotong selisih perolehan suara.

Dalam hasil hitung cepat LSI Network Pilgub Jabar, pasangan Ridwan Kamil/Uu Ruzhanul Ulum memperoleh suara sebesar 32,99 persen, pasangan Sudrajat/Ahmad Syaikhu memperoleh 28 persen, Deddy Mizwar/Dedi Mulyadi dengan 26,02 persen suara, dan T.B. Hasanuddin/Anton Charliyan memperoleh 12,99 persen suara.

Hasil hitung cepat tersebut juga menunjukkan tingkat partisipasi pemilih pada Pilgub Jabar sebesar 69,21 persen.

Kegiatan Quick Count Pilgub Jabar 2018

1. Rindu (Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul ulum) quick count di hotel papandayan, Bandung

2. Hasanah (Tubagus Hasanuddin - Anton Charliyan) Quick count di Kantor DPD PDI-P Jabar, Jalan Pelajar Pejuang 45, Bandung

3. Asyik (Sudrajat - Syaikhu) Quick Count di ballroom Hotel Preanger

4. (Deddy-Dedi) Quick count di  Hotel intercontinental Bandung

Jl. Resor Dago Pakar Raya 2B, Resor Dago Pakar, Mekarsaluyu, Cimenyan, Mekarsaluyu, Cimenyan, Bandung

Tidak ada komentar

KOMENTAR PEMBACA:

Pembaca SUARA INDEPENDENT dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.