Header Ads

Rencanakan Ibadah Ramadhan Semakin Baik di Akhir Ramadhan


By: Prof. Veni Hadju

Ramadhan adalah sebulan atau 30 hari. Dimulai sejak waktu Magrib malam satu Ramadhan sampai berakhir di waktu Adzan Magrib di malam satu Syawal. Waktu sebulan Ramadhan ini adalah waktu yang mulia untuk banyak beribadah dan berharap rahmat dari-Nya.

Sebagian orang bersemangat di awal Ramadhan. Setelah sepekan, dua pekan, semangatnya mulai menurun bahkan pada sebagian orang situasi Ramadhan sudah hilang. Kita sering melihat di akhir hari2 Ramadhan lebih banyak digunakan di pasar, mall, dan tempat pembelanjaan lainnya. Jamaah tarawih tinggal beberapa shaf saja.

Allah mengendaki agar hamba-Nya semakin intens beribadah di akhir-akhir Ramadhan. Mengapa malam laitul qadri di sepuluh malam terakhir. Mengapa ada i'tikaf di sepuluh malam terakhir. Mengapa zakat fitrah di akhir Ramadhan. Semua ini menunjukkan bahwa di akhir2 Ramadhan seharusnya bertambah dekat kita kepada-Nya.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Walitukmilul 'iddata walitukabbirullaaha 'alaa maa hadaakum wala'allakum tasykuruun (QS Al-Baqarah 2:185). Artinya: Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur.

RENCANAKANLAH IBADAH RAMADHAN SEMAKIN BAIK DI AKHIR RAMADHAN.


Tidak ada komentar

KOMENTAR PEMBACA:

Pembaca SUARA INDEPENDENT dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.