Header Ads

Program Integrated Cold Storage 2016 Tulang Bawang Diduga Terbengkalai dan Syarat Penyimpangan


INDEPENDENT | Cold storage adalah sebuah ruangan yang akan dirancang khusus dengan kondisi suhu tertentu dan akan digunakan untuk menyimpan berbagai macam produk dengan tujuan untuk mempertahankan kesegarannya agar terjaga mutu dan kualitasnya.

Melalui program Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulang Bawang tahun anggaran 2016 lalu, telah membangun gedung beku terintegrasi (integrated cold storage) yang terletak di Kampung Karya Jitu, Kecamatan Rawa Jitu Selatan yang didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2016 dengan pagu anggaran kurang lebih mencapai 3,5 miliyar rupiah.

Gedung tersebut dibangun pada tanggal 6 September 2016 dan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Bupati Tulang Bawang periode 2012-2017 yaitu Ir. Hanan A. Rozak , MS. Ihwal dibangunya gedung beku terintegrasi (integrated cold storage) tersebut bertujuan untuk menyimpan hasil produksi dari komoditas masyarakat setempat, agar hasil panen atau produksinya terjaga mutu dan kualitasnya, sehingga secara ekonomi dapat membantu masyarakat dan disisi lain konsumen juga dapat memenuhi standar kesehatan yang telah ditetapkan.

Gedung tersebut dibangun dengan kapasitas penyimpanan kurang lebih 5 ton, namun bangunan tersebut yang seharusnya difungsikan atau dipergunakan untuk masyarakat terbengkalai dan tidak terawat sampai saat ini.

Mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Meilan Aziz Amat yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Kabupaten Tulang Bawang, saat di hubungi melalui seluler miliknya tidak ada jawaban, bahkan dikonfirmasi lewat sms melalui akun whatsap miliknya pun tidak ada jawaban.

Salah satu petambak ikan yang berada di Kampung Karya Jitu, Kecamatan Rawa jitu Selatan, Kabupaten Tulang Bawang,  berinisial DR (45) saat di temui oleh LampungDaily.com sangat menyayangkan dengan bangunan gedung beku terintegrasi (integrated cold storage) tersebut yang terbengkalai dan seolah tidak difungsikan sebagaimana mestinya.

"Saya sudah bertahun-tahun sebagai petambak ikan disini, setahu saya gedung tersebut dibangun kurang lebih hampir 2 tahun ini dan tepatnya pada tahun 2016 dibangunya, namun sampai saat ini tidak pernah difungsikan dan terbengkalai begitu saja," ungkapnya.

Program Integrated Cold Storage Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulang Bawang tahun anggaran 2016 tersebut diduga syarat penyimpangan dan tidak sesuai dengan spek teknis yang sebagaimana mestinya sehingga tidak difungsikan karena alat dan fasilitas lainya diduga belum mencukupi meskipun anggaran yang dikucurkan miliyaran rupiah.

Dengan adanya pemberitaan ini, diharap kepada Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang dan instansi terkait serta pihak yang berwenang agar segera menindak lanjutnya dan melakukan pemeriksaan agar tidak terkesan tutup mata dan diduga ada unsur kerjasama atau korupsi berjamaah.

Jurnalis : Chandra Foetra S.

Tidak ada komentar

KOMENTAR PEMBACA:

Pembaca SUARA INDEPENDENT dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.