Header Ads

Mengintip Ajang Bergaya English Series Fever 2018 di STKIP PGRI Ponorogo


INDEPENDENT | Ingin bergaya? di kampus literasi tempatnya. Bergaya yang satu ini tidak membutuhkan modal besar. Cukup berbekal niat, bakat dan semangat. Tak jarang, banyak siswa yang mulai mengasah bakat dan kemampuan mereka, khususnya dalam hal keterampilan berbahasa Inggris. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik merupakan modal awal bagi para siswa untuk menumbuhkan kepercayaan diri dalam mengikuti kompetisi ini.

ESF (English Series Fever) VII-2018 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Speed English Club,merupakan salah satu lomba bergengsi dikalangan siswa SMA-sederajat. ESF tahun ini mengambil tema “Love Your Culture through English”. “Menumbuhkan semangat berkompetisi serta sebagai wadah bagi siswa SMA-sederajat untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris, merupakan salah satu tujuan dari kegiatan ini,” ujar Maya selaku sie kegiatan yang ditemui pagi itu (06/05/2018).

Speech, Newscast, dan Storytelling, tiga cabang lomba yang diadakan di ESF tahun ini. Sebagian besar peserta dari sekolah SMA/MA seputar wilayah Ponorogo. Perlombaan kali ini, selain memperebutkan tropi juara, siswa yang mendapatkan predikat sebagai pemenang juga akan memperoleh uang pembinaan. Sungguh menarik, bukan?

“Selamat datang, selamat berkompetisi untuk adik-adik, semoga segala usaha kalian mendapatkan hasil yang terbaik”, tutur Tika selaku ketua panitia dihadapan puluhan peserta. Rangkaian kegiatan upacara pembukaan terlaksanan dengan lancar.

Tibalah pada kegiatan utama, tepat pukul 08.25 WIB semua perlombaan dimulai. Para pesertapun segera bergegas menuju ruang lomba masing-masing sesuai cabang lomba yang mereka ikuti. Tampak ketegangan terbesit disetiap derap langkah para peserta pagi itu. “merasa grogi itu pasti, tapi saya yakin saya bisa menampilkan yang terbaik, totalitas adalah modal utama saya,” sepenggal  argumen Devina, selaku peserta lomba Newscast yang ditemui di depan pintu ruang 102.

“Jiwa berkompetisi mereka sangat luar biasa, hal itu terlihat dari keseriusan serta kemampuan mereka yang saya rasa sangat mumpuni,” tutur Miss Ayu salah satu dewan juri lomba Storytelling.

Lomba Speech juara 1 diraih oleh Natasya Sukma Bidara (MAN 1 Ponorogo), juara 2 Annisa Zahra Mustofa (MAN 2 Ponorogo) dan juara 3 Lia Ratnaningtyas (MAN 2 Ponorogo). Lomba Newscast juara 1 diraih oleh Frida Mu’is Alfajri (SMAN 3 Ponorogo), juara 2 Avida Alifatul Ma’rifat (MAN 2 Ponorogo) dan juara 3 Savira Kirana Putri (SMA Muhammadiyah Ponorogo). Lomba Storytelling juara 1 diraih oleh Hanik Kurniawan (MAN 2 Ponorogo), juara 2 Fauzia Erbin F (SMA Muhammadiyah Ponorogo) dan juara 3 Ananda Erliyana Putri (MAN 2 Ponorogo).
“Saya berharap semoga acara ESF ini selalu terlaksana setiap tahunnya,” tutur Hartono salah satu guru pendamping lomba yang ditemui saat itu.

(Renita Ayu Kumalasari/Mahasiswa STKIP PGRI Ponorogo)

Tidak ada komentar

KOMENTAR PEMBACA:

Pembaca SUARA INDEPENDENT dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.