Header Ads

Komunitas Taklim Jurnalistik Luncurkan Portal Dapurpena


INDEPENDENT | Terhitung perhari ini portaldapurpena .com yang baru melakukan peluncuran awal (shoft launching) yang di nakhodai Andre Rahmatullah, seorang anak muda yang aktif bergiat di dunia literasi.

Bang AR, sapaan akrabnya mengemban tugas ini setelah sebelumnya menyatakan komitmennya untuk menjadikan platform ini menjadi wadah bagi penulis daerah.

Founder Dapurpena .com mengatakan akan memajukan website blog tersebut dengan memanfaatkan jaringan organisasi Komunitas Taklim  Jurnalistik Indonesia (TAKTIK COMMUNITY) yang dia pimpin.

Humas Rumah Sanggar Seni Nongisa Batam ini mengungkapkan, mungkin akan muncul pertanyaan di benak khalayak publik apa pentingnya melahirkan sebuah media? Apakah media yang ada selama ini tidak mencerminkan nilai etis jurnalisme?

"Pertanyaan ini sering muncul dan kita dengar. Namun, tidak bisa menjamin bahwa semua media itu melawan hoaks atau berita bohong yang marak belakangan ini," kata pria kelahiran Mojokerto, 24 Mei 1993.

Bang AR menuturkan, kondisi tersebut perlu disikapi dengan menghadirkan informasi yang benar, tepat, dan sesuai dengan fakta.

"Inilah alasan utama dan menjadi penggerak hati sebuah komunitas yang telah hadir di seluruh indonesia dengan nama TAKTIK (Taklim Jurnalistik) Community untuk membuat sebuah website blog (media sosial) yang dinamakan www.dapurpena .com," beber mantan Pengurus Wilayah Syabab (Pemuda) Hidayatullah Jawa Timur.

Manajer Marketing Komunikasi (Markom) BMH Kepulauan Riau ini menjelaskan bahwa hadirnya website blog ini sebagai wadah untuk para penulis muslim khususnya yang bergabung dalam komunitas Taktik Community. Dia mengatakan pihaknya ingin menciptakan kader jurnalis anti-hoaks.

“Kami ingin menghadirkan lebih banyak sosok penulis ataupun media untuk menyampaikan informasi yang benar, tepat, dan sesuai fakta yang ada,” jelasnya.

Dengan demikian, kata dia, mereka tidak terjebak pada kepentingan tertentu atau hanya mementingkan untuk meraih pendapatan semata.

Hal senada diungkapkan Pemimpin Redaksi Dapurpena .com, Dwi Rahayuningsih. Dwi berharap semoga kehadiran website blog ini dapat memberikan kontribusi untuk umat.

Selain itu, dia berharap media ini dapat menjadi rujukan terpercaya, tidak menyebarkan hoaks, serta menjadi wadah buat para generasi muda demi menyuarakan kebenaran dan dakwah bil qolam.

Adapaun Visi dapurpena .com  adalah sebagai  media informasi  yang komunikatif, edukatif, dan mengemban dakwah bil qalam.

Untuk merealisasikan visi tersebut, dapurpena .com  memiliki Misi sebagai berikut:


1.    Bertaqwa kepada Allah SWT
2.    Dapur  Pena sebagai  media Taktik Community dan ummat Islam dalam pengembangan kreatifitas jurnalistik.
3.    Memberikan informasi yang kritis, edukatif dan bermanfaat.
4.    Menyatukan seluruh redaksi untuk berkontribusi dalam memajukan Dapur Pena.
5.    Memegang teguh komitment dan istiqamah dalam mengemban tugas masing-masing.

Sedangkan tujuan Dapur Pena adalah:

1.    Membangun peradaban literasi melalui media
2.    Mengembangkan kreativitas jurnalistik
3.    Memberikan informasi yang akurat, terpercaya, dan bermanfaat

Tidak ada komentar

KOMENTAR PEMBACA:

Pembaca SUARA INDEPENDENT dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.