Header Ads

MULYONO OPTIMIS ADD TIYUH SUMBER JAYA DORONG PEREKONOMIAN WARGA


INDEPENDENT | Merealisasikan usulan masyarakat demi memajukan mutu pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan, Tiyuh Sumber Jaya, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menggunakan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa ( ADD) Tahun Anggaran Tahun 2018 guna meningkatkan fasilitas umum dan kesejahteraaan masyarakat setempat.

Dengan Memanfaatkan Total Anggara pendapatan tiyuh yang akan di kelola pada tahun 2018 yaitu sebesar Rp.1.236.150.612,- dimana dari dana tersebut akan di alokasikan dibeberapa bidang yaitu,Bidang I. Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Tiyuh dianggarkan sebesar Rp.487.976.100,- , dimana dari bidang tersebut dialokasikan untuk meliputi Siltap (Penghasilalan tetap) Perangkat Tiyuh, Tunjangan BPT, dan Tunjangan RT, operasional kantor, dan kegiatan penyelenggaraan Pemerintah Desa/Tiyuh. Bidang II. Bidang Pembangunan Tiyuh dianggarkan sebesar Rp.654.151.000,- ,dimana dari dana tersebut direncanakan untuk berbagai kegiatan pembangunan yaitu, untuk pengglederan badan jalan dengan luas 3m dan panjang 3000m yang berlokasi di Rt.13 Rw.04 dengan anggaran sebesar Rp.29.753.000,- , peningkatan jalan tanah ke onderlag dengan ukuran 3X1000m yang berlokasi di Rt.02 Rw.01 sebesar Rp.271.110.000,- , kegiatan pembangunan Drainase dengan ukuran panjang 400m, tinggi 70cm dab lebar 30cm yang berlokasi di Rt.06 Rw.03 dengan anggaran sebesar Rp.176.428.000,- dan kegiatan pembangunan Jambanisasi sebanyak 45 titik yang berlokasi di Rw.01 sampai Rw.05 dengan anggaran sebesar Rp.45.000.000,-. Pengadaan sarana dan prasarana (Sapras) Posyandu sebesar Rp.1.920.000,- , pengadaan sarana dan prasana (Sapras) PAUD sebesar Rp.2.500.000,- , pembangunan gedung TPA seluas 7X8m yang berlokasi di Rt.14 Rw.05 dengan anggaran sebesar Rp.112.940.000,- dan pengadaan kelengkapan sarana dan prasarana (Sapras) untuk TPA sebesar Rp.5.500.000,-. Untuk Bidang III. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Tiyuh dianggarakan sebesar Rp.27.200.000,- meliputi kegiatan PKK, kelembagaan Pemuda, Posyandu, Linmas, kerukunan umat beragama, sarana dan prasarana (Sapras) olahraga dan pembinaan LPMT.

Bidang IV. Bidang Pemberdayaan Masyarakat dianggarkan sebesar Rp.75.555.000,- , dimana dibidang tersebut akan dialokasikan untuk meliputi program kualitas dan akses terhadap pelayanan sosial, program pengelolaan usaha produktif serta pengelolaan sarana dan prasana (Sapras) ekonomi dan program peningkatan kapasitas aparatur Pemerintahan Desa/Tiyuh. Hal tersebut di paparkan, Jumali selaku Juru tulis Tiyuh setempat kepada suaraindependent.com, Kamis (26/04/2018).

Di katakannya, untuk anggaran Dana Desa (DD) di tahap pertama hanya cair sebesar 20% dengan nilai Rp.145.955.966,-  "dari dana tersebut di tahap pertama ini akan kita alokasikan untuk beberapa pembangunan fisik dan penyelenggaraan Pemerintah Tiyuh yaitu, untuk pembangunan gedung TPA sebesar Rp.112.940.000,- , pengadaan sarana dan prasarana Posyandu sebesar Rp.10.920.000,- dan untuk peningkatan kapasitas aparatur Tiyuh sebesar Rp.10.055.000,-," imbuhnya.

Sementara di waktu yang sama Kepala Tiyuh Sumber Jaya, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Mulyono mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tiyuh Sumber jaya yang sangat antusias untuk bekerja keras demi majunya berbagai fasilitas umum yang di harapkan akan sesuai dengan keinginan masyarakat.

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat Tiyuh Sumber Jaya yang sangat antusias berjibaku demi terwujudnya keinginan bersama," Ucap Mulyono

Selain mengapresiasi tingkat antusias warga setempat, Mulyono juga mengatakan dari kucuran anggaran baik dana desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) yang mendapat respon positif dari masyarakat dan sangat dirasakan sekali manfaatnya oleh masyarakat luas.

"Tak lupa kamipun berharap kepada Pemerintah Pusat maupun Daerah agar merealisasikan anggaran Dana Desa di tahun 2018 ini sepenuhnya, serta berharap program ini bisa berkelanjutan seterusnya, karena sangat bermanfaat sekali bagi seluruh Tiyuh khususnya untuk menambah aset dan Fasilitas Tiyuh dibidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat," tambahnya.

Menurutnya, Pemerintah Tiyuh Sumber Jaya sangat terbantu dengan adanya DD/ADD yang dikucurkan Pemerintah Pusat maupun daerah. Karena peningkatan pembangunan fisik dapat menyentuk hingga ke pelosok desa/Tiyuh. Dan sangat berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

”Semua akan dikerjakan oleh masyarakat Tiyuh dan anggarannya jelas serta peruntukkan sangat jelas. Sehingga jika ada yang meleset, masyarakat bisa melakukan evaluasi atau melaporkan jika tidak sesuai dengan yang diharapkan,” tutupnya.


Jurnalis : Robby Herliansyah



Tidak ada komentar

KOMENTAR PEMBACA:

Pembaca SUARA INDEPENDENT dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.