Header Ads

Dana Desa Dorong pembangunan Infrastruktur di Tiyuh Bangun Jaya


INDEPENDENT | Pemerintah Tiyuh Bangun Jaya, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat, pada tahun 2018 ini mendapatkan Kucuran Dana sebesar Rp.1.261.769.129,- Yang mana dana tersebut berasal dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) serta Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) dan lain-lain.

Mengingat tujuan di kucurkan dana tersebut tak lain untuk meningkatkan kemajuan salah satunya dari segi perekonomian atau infrastruktur yang ada di wilayah itu. Hal tersebut merujuk kepada Substansi dari Undang - Undang Desa No 6/2014 untuk memberikan otonomi yang lebih besar kepada Desa supaya dapat menjadi mandiri.

Oleh karenanya, melalui rancangan APBT di tahun 2018 Tiyuh Bangun Jaya, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat sangat optimis akan memanfaatkan dana tersebut untuk meningkatkan fasilitas infrastruktur dan menambah aset tiyuh serta akan memberikan pemberdayaan kepada masyarakat, demi terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan tiyuh setempat.

Sekretaris Desa/Tiyuh Bangun Jaya, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Mulyadi saat ditemui diruang kerjanya kepada suaraindependent.com, Kamis (26/04/18) menjelaskan rencana pengelolaan Dana Desa(ADD) baik yang bersumber dari APBN maupun yang bersumber dari APBD untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat.

Di tahun anggaran 2018 ini, katanya, jumlah pagu anggaran ADD dan DD atau Pendapatan Tiyuh secara keseluruhan dalam satu tahun, dimana dari dana tersebut sesuai dengan APBT akan di alokasikan dibeberapa bidang yaitu, Bidang I. Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Tiyuh dianggarkan sebesar Rp.307.635.452,- Meliputi Siltap (Penghasilalan tetap) Perangkat Tiyuh, Tunjangan BPT, dan Tunjangan RT. Bidang II. Bidang Pembangunan Tiyuh sebesar Rp.892.200.800,- , dimana dari dana tersebut direncanakan untuk beberapa pembangunan yaitu, pembangunan orderlag satu titik sepanjang 500 M X Lebar 3 M terletak di Rt.09/03 dengan pagu anggaran yang akan di gunakan Rp.186.626.000,- , Gorong-gorong sebanyak 24 titik dengan anggaran sebesar Rp.297.706.800,- , Pembuatan Dreinase dengan panjang 150 M yang berlokasi di Rt. 11/02 dengan anggaran Rp.69.465.000,- , Pembangunan Gardu siskamling berlokasi di suku 1-4 dengan anggaran Rp.97.489.000,- , Galian Siiring manual sepanjang 186 M Rp.3.040.000,- , dan Pengadaaan sarana dan prasarana kesehatan Rp.171.760.000,-.

Untuk Bidang III. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Tiyuh dianggarakan sebesar Rp.8.252.000,- meliputi kegiatan PKK, kegiatan Karang taruna, dan kegiatan pembinaan LINMAS.

Bidang IV atau Bidang Pemberdayaan Masyarakat dianggarkan sebesar Rp.49.170.000,- , dimana dibidang tersebut akan dialokasikan untuk bantuan insentif guru ngaji, insentif kader posyandu, insentif LINMAS, kegiatan tata kolola keuangan tiyuh, kegiatan penyuluhan hukum, kegiatan sosialisasi perencanaan pembangunan tiyuh, dan kegiatan pendampingan sosialisasi aset tiyuh. Adapun bidang ke V. Yaitu Bidang tak terduga di anggarkan sebesar Rp.1.510.877,- , dan penambahan modal BUMT sebesar Rp.18.133.870.

Di katakannya, untuk anggaran Dana Desa (DD) di tahap pertama hanya cair sebesar 20% yaitu sebesar Rp.152.586.876,-  "Dari dana tersebut di tahap pertama ini akan di alokasikan untuk beberapa pembangunan fisik dan penyelenggaraan Pemerintah Tiyuh yaitu, untuk pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) Olahraga di alokasikan untuk pembatas lapangan bola sebesar Rp.41.114.000,- , Gorong - gorong sebanyak tiga titik Rp.49.617.800,- , Gardu siskamling Rp.58.493.400,- , dan pengadaan sarana prasarana posyandu Rp.3.015.000,-," imbuhnya.

Sementara Kepala Tiyuh Bangun Jaya, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Anton Winarno mengatakan segala sesuatu pembangunan yang akan dilaksanakan supaya dapat berjalan dengan lancar serta sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat

"Adapun nanti akan di bangun berbagai infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat tentu itu semua hasil kesepakatan bersama dan di dorong dengan keinginan masyarakat yang sangat antusias oleh karenanya saya menghimbau kepada Tim Pelaksana Kegiatan agar dapat bekerja semaksimal mungkin supaya dapat menghasilkan wujud kegiatan yang sesuai dengan apa yang di rencanakan," ucap Anton dengan nada penuh semangat.

Lebih jauh Anton mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintahan Pusat  maupun Daerah, dengan adanya program Dana Desa sangat membantu untuk fasilitas Tiyuh baik di bidang pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat dan manfaatnya sangat dirasakan sekali oleh masyarakat luas.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun Daerah, kami berharap untuk anggaran Dana Desa maupun Alokasi dana desa di tahun 2018 ini agar dapat sepenuhnya terkucurkan, dan kamipun berharap program ini bisa berkelanjutan seterusnya, karena sangat bermanfaat sekali bagi seluruh Tiyuh khususnya untuk menambah aset dan Fasilitas Tiyuh dibidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat," demikian Anton Winarno.

Jurnalis : Roby Herliansyah

Tidak ada komentar

KOMENTAR PEMBACA:

Pembaca SUARA INDEPENDENT dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.